Belajar Berdemokrasi, SMK Negeri 2 Buton Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS

0
98
Proses Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Negeri 2 Buton Periode 2022/2023

Memasuki masa akhir kepengurusan OSIS periode 2021/2022, SMK Negeri 2 Buton melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS yang baru periode 2022/2023 pada Sabtu, 12 November 2022. Sebagai pembelajaran berdemokrasi, pemilihan ini dilaksanakan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh siswa SMK Negeri 2 Buton.

Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil seperti pemilu pada umumnya. Dengan adanya kegiatan ini, siswa diharapkan dapat memahami kegiatan pemilu secara demokratis, sehingga pada akhirnya mereka dapat menanamkan jiwa demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Tahapan pemilihan dimulai dari pendaftaran, kemudian calon ketua dan wakil ketua OSIS diberikan kesempatan untuk memaparkan visi, dan misi mereka di depan semua warga sekolah. Setelah itu, dilaksanakan pencoblosan dan penghitungan suara, yang mana pemilihnya adalah seluruh siswa dari kelas X, XI dan XII.

Ada 4 pasangan calon yang ikut berkompetisi di tahun ini. Mereka berasal dari kelas dan jurusan yang berbeda-beda. Masing-masing dari pasangan calon ini mempunyai visi dan misi yang berbeda-beda pula untuk OSIS ke depannya.

Berikut profil, visi dan misi dari masing-masing pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022/2023:

  1. Raja Nursalim (XI TKJ 2) dan Harmaya Talleo (XI TKJ 2)

Visi:

“Menjadikan SMK Negeri 2 Buton sebagai sekolah yang Unggul dan Berkualitas, Berkarakter, Teladan, Berdisiplin, Anggun Beretika yang dilandasi Iman dan Taqwa”

Misi:

  • Meningkatkan kualitas pembelajaran dan ekstrakurikuler dalam rangka menguasai Teknik IPTEK dan membekali siswa-siswi dengan life skill.
  • Menciptakan semangat keunggulan pada seluruh warga SMK Negeri 2 Buton dalam belajar, bekerja, dan berkarya.
  • Meningkatkan disiplin belajar dan disiplin bekerja.
  • Meningkatkan kesadaran dan ketaatan dalam berperilaku dan berpenampilan sesuai dengan tata tertib sekolah.
  • Menciptakan lulusan yang kompoten dan berahklak mulia sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing yang bisa diterapkan pada masyarakat.
  • Memajukan prestasi sekolah dalam segala aspek, baik di bidang ekstrakurikuler maupun mata pelajaran.
  1. Desti Rahmasia S. (XI TKJ 1) dan Teza Al Hanur (XI TKJ 2)

Visi:

  • Mewujudkan organisasi yang professional, berakhlak mulia, dapat mengoptimalkan fungsi organisasi agar terciptanya keterbukaan dan transparasi di kegitan sekolah.
  • Meningkatkan sumber daya manusia dan menjadikan siswa SMK Negeri 2 Buton sebagai contoh atau panutan untuk sekolah lain.
  • Menjadikan siswa SMK Negeri 2 Buton sebagai siswa yang lebih disiplin, berprestasi, kreatif dan berakhlak mulia.

Misi:

  • Mengikutsertakan SMK Negeri 2 Buton dalam lomba mata pelajaran atau ekstrakurikuler yang diadakan oleh dinas atau sekolah lain yang dapat mengasah kemampuan dan bakat siswa.
  • Melanjutkan program kerja yang belum dan sudah terlaksana oleh OSIS sebelumnya.
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, peduli antar sesama dan toleransi.
  • Menampung semua kritik dan saran dari seluruh warga sekolah.
  • Mengadakan serangkaian acara yang dapat meningkatkan hubungan kekeluargaan antar guru, siswa dan seluruh warga sekolah.
  • Menjalin kerja sama dengan organisasi internal sekolah agar bisa menjadi contoh untuk siswa dalam berpikir luas.
  1. Moh. Sawal (XI TKR 2) dan Eli Safitri (XI TKJ 1)

Visi:

“Menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan segala potensi yang ada, sehingga terbentuk siswa yang cerdas, kreatif, dinamis, berprestasi dan berakhlak mulia dan siswa bisa menjaga nama baik sekolah”

Misi:

  • Membentuk karakter pengurus OSIS yang cerdas dan kreatif.
  • Menjadikan SMK Negeri 2 Buton sekolah yang ramah lingkungan, serta sekolah yang disipllin dengan tata tertib yang sudah ada.
  • Memaksimalkan peran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan.
  • Memaksimalkan kualitas ekstrakurikuler yang telah berjalan agar diminati banyak siswa.
  1. Salma (X TB) dan Wulandari (X TB)

Visi:

“Menciptakan rasa kekeluargaan yang erat di lingkungan SMK Negeri 2 Buton dan mewujudkan siswa-siswi yang berperilaku sopan, disiplin dan bertanggung jawab”

Misi:

  • Merayakan hari-hari besar nasional dengan hal-hal yang positif.
  • Menertibkan peraturan-peraturan yang belum terlaksanakan secara maksimal.
  • Mengadakan kerja sama dengan sekolah lain di bidang akademik, olahraga dan seni.
  • Memaksimalkan peran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan.
  • Melanjutkan program OSIS yang belum selesei pada periode sebelumnya.

Setelah melalui proses pemilihan yang cukup menegangkan, hasil pencoblosan kemudian dihitung secara terbuka di depan seluruh warga sekolah. Dari total 327 siswa diperoleh suara sah sebanyak 203 suara, suara tidak sah 2 suara dan sisanya tidak memilih pada kegiatan ini.

Dari hasil perhitungan suara, pasangan calon dengan nomor urut 3 terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022/2023 dengan perolehan suara sebanyak 85 suara. Selain itu, pasangan calon yang memperoleh 54 suara dan terpilih menjadi sekretaris dan wakil sekretaris ialah pasangan calon nomor urut 2. Untuk pasangan calon yang terpilih menjadi bendahara dan wakil bendahara ialah pasangan calon nomor urut 4 dengan perolehan suara sebanyak 50 suara. Sementara pasangan calon nomor urut 1 hanya memperoleh 14 suara.

Pembina OSIS, Bapak Husni, S.Ag., yang juga merupakan salah satu guru Agama di SMK Negeri 2 Buton, mengharapkan agar ketua dan wakil ketua OSIS yang telah terpilih dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

“Harapan saya selaku pembina OSIS untuk pengurus yang baru terpilih, mudah-mudahan mereka dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik,” kata Pembina OSIS Bapak Husni, S.Ag., Sabtu (12/11/2022)

Setelah kegiatan ini, Marifatul Rahman, salah seorang mantan pengurus OSIS periode 2021/2022 juga berpesan dalam sambutannya. Ia mengharapkan ketua dan wakil ketua OSIS yang telah terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik, bisa bertanggung jawab, aktif, saling bekerja sama dan tidak mementingkan diri sendiri.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here