SMKN 2 Pasarwajo Bekali Peserta PSG

5
340
SMKN 2 Pasarwajo
Bapak Muliadin Oba, S.Pd. membuka pembekalan PSG

Panitia Pendidikan Sistem Ganda (PSG) SMKN 2 Pasarwajo menyelenggarakan pembekalan peserta PSG pada Senin, 31 Agustus 2020. Kegiatan yang dihadiri sekitar 77 siswa tersebut bertujuan untuk memberikan petunjuk dan bimbingan kepada siswa tentang hakekat dan teknis pelaksanaan PSG. Kepala SMKN 2 Pasarwajo Bapak Muliadin Oba, S.Pd., membuka kegiatan tersebut sekaligus memberikan arahan kepada peserta. Beliau mengungkapkan bahwa dalam mengikuti PSG,  siswa sangat dianjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19 di antaranya memakai masker dan mencuci tangan secara teratur. Beliau juga menekankan kepada siswa untuk menjaga nama baik sekolah ketika berada di lokasi PSG serta menekankan agar siswa mengikuti PSG dengan sebaik-baiknya sehingga bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat di lokasi PSG. “Untuk menjadi pribadi yang sukses kita bisa melakukan prinsip ‘DUIT’ yaitu Do’a, Usaha, Istighfar dan Tawakal”, ungkap beliau. Usai membuka kegiatan dan memberikan arahan, beliau melepas secara simbolis sebanyak 77 siswa peserta PSG yang terdiri dari 37 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Otomotif dan 40 siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Kegiatan pembekalan PSG kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemaparan materi pembekalan yang disampaikan oleh Wakasek Kurikulum SMKN 2 Pasarwajo Bapak Salim, S.T., Wakasek Ketenagaan dan Administrasi Ibu Sunarti Awasurabi, S.Pd., Kepala Bengkel TKR Otomotif Bapak Mufahir Ramli, S.Pd., Ketua Kompetensi Keahlian TKJ Bapak Rahadin Musaini, S.Si., dan Kepala Bengkel TKJ Bapak La Alimu, S.Pd.

Secara umum, semua pembawa materi pembekalan PSG mengarahkan siswa untuk berdisiplin, baik itu disiplin waktu, disiplin berpakaian, maupun disiplin dalam bekerja. Para pemateri juga mengarahkan siswa untuk menjaga nama baik sekolah di lokasi PGS, bersikap sopan dan santun, bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan serta memberikan pelayanan yang prima kepada tamu/pelanggan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian jurnal PSG sekaligus arahan dari Wakasek Hubungan DU/DI Bapak Juliansyah, S.Pd., tentang bagaimana cara mengisi jurnal PSG. Beliau juga mengatakan bahwa PSG tahun pelajaran 2020/2021 ini hanya dilakukan selama satu bulan, yaitu dimulai tanggal 7 September sampai 7 Oktober 2020, yang lokasinya tersebar di wilayah Kab. Buton, Kota Baubau dan Kota Kendari. Semua siswa jurusan TKJ melakukan PSG di wilayah Kab. Buton, yaitu Kantor Dinas Penanaman Modal, Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kantor Pos, Kantor Badan Pusat Statistik, BPD Sultra Cabang Kab. Buton, Kantor Lurah Holimombo, Kantor Desa Koholimombono, Lab./Bengkel TKJ SMKN 2 Pasarwajo dan Aira Service Wakoko. Untuk siswa jurusan TKR Otomotif melakukan PSG di bengkel-bengkel wilayah Kab. Buton, Kota Baubau dan Kota Kendari. Di Kota Baubau terdapat tiga bengkel yang menjadi lokasi PSG salah satunya adalah Toyota Kalla Baubau, di Kota Kendari juga tiga bengkel, salah satunya adalah Asera Motor Kendari.


SMKN 2 Pasarwajo
Pemateri Pembekalan PSG, Bapak Salim, S.T.
SMKN 2 Pasarwajo
Pemateri Pembekalan PSG, Ibu Sunarti Awasurabi, S.Pd.
SMKN 2 Pasarwajo
Peserta Pembekalan PSG

 

 

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here