SMKN 2 Pasarwajo Gelar Pertemuan Bersama Orang Tua Siswa & Komite Sekolah

0
399
SMKN 2 Pasarwajo

SMK Negeri 2 Pasarwajo menggelar pertemuan bersama orang tua siswa & Komite Sekolah dalam rangka persiapan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 pada Selasa, 27 Oktober 2020. Pertemuan yang dimulai pada pukul 16.00 WITA ini, dipimpin oleh Kepala SMKN 2 Pasarwajo ini Bapak Muliadin Oba, S.Pd. dan dipandu oleh moderator Bapak Juliansyah, S.Pd.

Kegiatan ini dihadiri dengan sangat antusias oleh sekitar 100 orang tua siswa dan 31 guru SMKN 2 Pasarwajo. Pada kesempatan tersebut setiap orang tua/wali siswa diberikan Blanko Surat Pernyataan Izin Orang Tua/Wali yang akan diisi dan dikembalikan setelah selesai rapat.

Bapak Muliadin Oba mengungkapkan bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat yang telah dilakukan oleh Dewan Guru SMKN 2 Pasarwajo. “Kami sengaja mengundang bapak/ibu sekalian dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam rangka persiapan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19,”tambahnya.

SMKN 2 Pasarwajo
Orang Tua/Wali Siswa

Pada pertemuan tersebut perwakilan orang tua/wali siswa memberikan masukan/pertanyaan yang beragam. Salah satu orang tua siswa, Bapak Herman mempertanyakan poin keempat dalam Blanko Surat Pernyataan tersebut yang berbunyi “Bersedia menanggung segala konsekuensi yang terjadi tanpa melakukan tuntutan apapun”. Ia mempertanyakan jaminan dari pihak sekolah terhadap keselamatan siswa ketika pembelajaran tatap muka dilaksanakan.

Bapak Muliadin Oba menjawab dengan lugas bahwa pihak SMKN 2 Pasarwajo akan berupaya secara maksimal untuk menjaga keselamatan siswa ketika PBM tatap muka dilakukan, sekolah telah membagikan masker, menyediakan tempat cuci tangan, serta akan mengatur jarak ketika tatap muka di kelas. Bapak Muliadin Oba menambahkan bahwa SMKN 2 Pasarwajo bertindak sesuai petunjuk dari Dinas Provinsi bahwa ketika SD dan SMP telah melakukan pembelajaran tatap muka, maka SMA dan SMK diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, daerah yang statusnya zona hijau/kuning diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sementara itu, orang tua siswa yang lain mengeluhkan bahwa pembelajaran online yang selama ini telah dilakukan berjalan tidak efektif dan siswa tidak mendapatkan ilmu secara maksimal. Sehingga ia sangat setuju jika pembelajaran dilakukan dengan tatap muka.

Perwakilan dari Komite Sekolah, Bapak La Uto memberikan tanggapan bahwa pembelajaran Daring membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Dengan belajar Daring orang tua siswa harus mengeluarkan uang ratusan ribu untuk membeli pulsa. Sehingga ia sangat setuju jika pembelajaran dilakukan dengan tatap muka. Sementara itu perwakilan dari Komite Sekolah yang lain, Bapak Alidin mengungkapkan bahwa orang tua siswa jangan lengah dan jangan cuek terhadap pendidikan anaknya. Orang tua harus mengetahui perkembangan pelajaran anaknya, harus mengetahui jadwal belajar serta jadwal masuk maupun jadwal pulang sekolah anak-anaknya, sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di luar jam sekolah, orang tua tidak langsung menyalahkan guru/pihak sekolah.

Pertemuan yang berakhir sekitar pukul 17.00 WITA ini, ditutup dengan pernyataan dari Wakasek Sapras/Bendahara SMKN 2 Pasarwajo Bapak Ilyas Ibu, S.Pd. Beliau mengungkapkan bahwa pihak SMKN 2 Pasarwajo akan berupaya secara maksimal untuk menjaga keselamatan siswa ketika pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Pihak sekolah akan bertanggung jawab bersama-sama dengan orang tua siswa seandainya ada siswa yang terpapar virus Corona. Beliau juga menambahkan bahwa dari sekitar 280 lebih siswa SMKN 2 Pasarwajo, hanya sekitar 100 siswa yang betul-betul aktif dalam pembelajaran Daring yang telah dilakukan dari Juli-Oktober. Maksudnya bahwa hanya sekitar 100 siswa yang mengisi absen online dan aktif mengerjakan/mengumpulkan tugas. Oleh karena itu dengan dilakukannya pembelajaran tatap muka nanti, pihak sekolah akan mengetahui siswa yang betul-betul masih aktif bersekolah di SMKN 2 Pasarwajo dan pihak sekolah akan melacak siswa yang tidak aktif serta akan melakukan kunjungan rumah.

SMKN 2 Pasarwajo
Tanggapan dari Orang Tua/Wali Siswa
SMKN 2 Pasarwajo
Tanggapan dari Orang Tua/Wali Siswa
SMKN 2 Pasarwajo
Tanggapan dari Perwakilan Komite Sekolah

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here