Sosialisasi PSG SMKN 2 Pasarwajo

8
263
Sosialisasi PSG SMKN 2 Pasarwajo

SMK Negeri 2 Pasarwajo menggelar Rapat Sosialisasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bersama orang tua siswa pada Selasa, 25 Agustus 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membahas mekanisme pelaksanaan PSG di masa pandemi Covid-19. Kegiatan yang dimulai pukul 16.00 hingga 17.30 ini dihadiri oleh panitia PSG SMK Negeri 2 Pasarwajo dan sekitar 41 orang tua siswa.

PSG merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program penguasaan kerja, yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, meningkatkan dan memperkokoh link and match antara lembaga pendidikan-pelatihan kejuruan dan dunia kerja. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Para siswa yang melaksanakan PSG tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dan sekaligus mempelajari kondisi kerja dunia usaha/dunia industri. PSG ini sifatnya wajib bagi setiap siswa sebelum menamatkan diri dari SMK.

PSG tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, sehingga perlu dibahas secara serius mengenai mekanisme dan teknis pelaksanaannya. Rapat sosialisasi PSG ini menyimpulkan bahwa lokasi PSG  mencakup wilayah Kab. Buton, Kota Baubau dan Kota Kendari serta pelaksanaannya harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Ketua Panitia PSG SMK Negeri 2 Pasarwajo Bapak Juliansyah, S.Pd., mengungkapkan bahwa di tahun ini, siswa SMK Negeri 2 Pasarwajo yang akan mengikuti PSG adalah 77 siswa yang terdiri dari 40 siswa jurusan TKJ dan 37 siswa jurusan TKR. Beliau menambahkan bahwa agenda selanjutnya setelah rapat sosialisasi ini adalah penjajakan lokasi PSG (sampai tanggal 30 Agustus 2020), pembekalan peserta PSG (31 Agustus 2020), pengantaran peserta PSG ke lokasi PSG ( 1 – 4 September 2020), pelaksanaan PSG (7 September – 7 Oktober 2020) dan penarikan peserta PSG (8 Oktober 2020). Diharapkan semua agenda yang telah direncanakan ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.


Orang Tua Siswa Peserta PSG
Orang Tua Siswa Peserta PSG 2020

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here