Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

0
55
Pemaparan materi oleh Bapak Syahrul S.Pd., M.Pd.

SMK Negeri 2 Pasarwajo menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka pada Selasa, 19 Juli 2022. Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai 15.30 WITA ini, menghadirkan narasumber Bapak Syahrul, S.Pd., M.Pd. dan diikuti dengan sangat antusias oleh sekitar 30 guru SMKN 2 Pasarwajo. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempersiapkan penerapan Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah pada tahun ajaran 2022/2023 di SMKN 2 Pasarwajo.

Bapak Syahrul, S.Pd., M.Pd. menjelaskan secara mendetail tentang semua hal yang berkaitan dengan kurikulum merdeka. Di antara materi yang beliau paparkan adalah bahwa kurikulum merdeka didasari oleh pemikiran Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa pendidikan adalah upaya untuk memerdekakan manusia baik secara lahir maupun secara batin serta bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Beliau juga menjelaskan bahwa filosofi kurikulum merdeka adalah pendidikan yang berpihak pada anak, menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak, tidak ada paksaan dan menumbuhkan budi pekerti yang luhur pada jiwa sang anak, karena setiap anak didik memiliki keunikan masing-masing dan menghendaki gaya pembelajaran yang berbeda-beda. Keunggulan kurikulum merdeka adalah lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka (peserta didik, guru dan sekolah), dan lebih relevan dan interaktif.

Kegiatan workshop ini tampak menjadi lebih hidup dengan sesi diskusi yang dilakukan di sela-sela pemaparan materi. Di akhir acara, Kepala SMKN 2 Pasarwajo, Bapak Muliadin Oba, S.Pd. menutup kegiatan workshop dengan harapan bahwa kegiatan ini bisa bermanfaat bagi guru SMKN 2 Pasarwajo dalam menerapkan kurikulum merdeka.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here